Minggu, 19 Oktober 2014

Maha Pencemburu

Ketika diri ini merasa lemah dan mulai berpikir untuk bergantung kepada manusia, aku tak pernah diberi kesempatan itu. Malah seringkali yang Allah berikan justru sebaliknya. Aku malah dijadikan tempat bergantung oleh orang lain. Seakan diperingati dengan tegas, "Kalau mau mencari tempat bergantung, cari saja Aku. Cukup Aku."

Ketika diri ini ingin memuntahkan isi pikiran dan emosi, mencari-cari orang lain untuk dijadikan tempat berkeluh kesah atau pelampiasan amarah, aku hampir tak pernah memiliki kesempatan itu. Tapi dalam kesendirian itu selalu ada bisikan menenangkan, "Tahukah kamu bahwa Aku adalah pendengar yang paling baik? Maka lampiaskan saja semuanya padaku. Cukup Aku."

Ketika aku ingin berlari menangis ke pelukan orang lain, seringkali yang terjadi justru sebaliknya. Saat sedihku belum sepenuhnya hilang, aku malah dihadapkan dengan orang lain yang sedang bersedih dan butuh ditenangkan. Lagi-lagi Allah ingin berbicara padaku, "Kalau ingin menangis, cari saja Aku. Apalagi jika kita berduaan di sepertiga malam. Mengadulah sepuasnya padaku. Cukup Aku."

Al-Ghayyur. Satu dari 99 Asma-Nya dalam Asmaul Husna yang artinya Maha Pencemburu.

Ketika kecintaan pada dunia semakin membuatku lupa padaNya, Dia tak segan-segan mengambilnya dariku. Awalnya kukira Dia kejam, tapi lalu aku sadar bahwa Dia hanya ingin mendapat perhatian yang 100%, tak ingin aku berpaling dariNya, tak ingin aku mencari yang lain.

Ketika aku meminta sesuatu dan tak kunjung terpenuhi bahkan setelah aku berusaha sekuat yang aku mampu, kupikir Dia tak mendengar. Lalu aku sadar bahwa bila keinginan itu terpenuhi, mungkin malah akan membuatku lupa padaNya. Sehingga tak pernah dikabulkanNya hingga lurus niat.


Bila permintaan tak kunjung terkabul.. 
Mungkin sengaja.. 
Agar sadar bahwa bersama Allah saja sudah lebih dari cukup. 

Bila satu per satu diambilNya.. 
Mungkin sengaja.. 
Agar sadar bahwa ada satu yang tak pernah meninggalkan.
Hingga yang tersisa hanya aku dan Dia.

Begitulah Allah, Sang Maha Pencemburu..
Dia hanya ingin diberi cinta yang 100%, tidak ingin dibagi dengan (si)apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar