Rabu, 27 November 2013

aku (tak) bisa menulis

mereka bilang, menulis adalah bekerja untuk keabadian.
mereka bilang, seorang pemimpin hebat, seorang public figure sekalipun, rentan termakan zaman jika tidak mengabadikan karya dalam bentuk tulisan.
tulisan merupakan salah satu rekam jejak seseorang, bahwa ia pernah ada di dunia ini, dan menghasilkan suatu karya yang kelak akan dikenal dan diingat selalu oleh anak cucunya.
ya,aku sangat paham itu.

namun aku sangat merasa kesulitan untuk menulis.
aku iri, pada mereka yang dengan mudah bisa menuangkan isi pikiran mereka ke dalam tulisan.
aku iri pada mereka yang tulisannya begitu mengalir dan enak untuk dibaca.
tapi entah kenapa, aku tak bisa menulis.
bahkan untuk sekedar menulis catatan harian, untuk menulis apa yang kurasakan hari ini, sepertinya aku tak bisa.
aku selalu merasa tidak percaya diri karena kata-kataku rasanya selalu kurang pas untuk dituangkan kedalam tulisan sehingga selalu membuatku urung lagi untuk menulis.
padahal mereka bilang, dengan menulis aku bisa menjadi apa saja. dengan menulis aku bisa pergi kemana saja.
kedengarannya hebat,tapi aku tetap saja tidak bisa menulis.

aku lebih suka mengekspresikan perasaanku melalui gambar, melalui goresan pensil yang kutuangkan dalam secarik kertas.
terkadang melalui lukisan, perasaan melukis dengan kuas di atas kanvas betul-betul membuatku merasa hidup. gambar dan lukisankulah yang "berbicara" tentang perasaanku, tentang banyak pesan yang ingin aku sampaikan pada mereka yang melihatnya. aku sama sekali tidak menggambar atau melukis tanpa makna. ada makna dibalik setiap goresannya.

terkadang dengan musik, musik betul-betul bisa mewakili apa yang sedang kurasakan. untaian nada-nada itu bisa kuatur sedemikian rupa untuk mentransfer rasa dan makna kepada orang yang mendengarnya.

juga dengan foto. aku menyukai fotografi. aku suka memotret apa saja. karena sebuah foto bisa membawa orang mengingat masa lalu, mensyukuri hari ini, bahkan bisa membuat pikiran mereka terbang ke masa depan.

banyak hal yang bisa mengekpresikan perasaanku. justru karena aku tidak bisa menulis, aku membuat "tulisan"ku sendiri. aku bercerita dengan caraku sendiri. aku mengabadikan karyaku dengan caraku sendiri.

aku tidak khawatir termakan zaman, karena aku punya "tulisan" dengan versiku sendiri.

***

tulisan ini terinspirasi dari mereka yang merasa kesulitan menulis tapi tetap punya ruang untuk "menulis". :)
walaupun sebetulnya, menulis adalah semudah bercerita. nih buktinya, bahkan menceritakan kesulitanmu untuk menulis ternyata bisa menjadi sebuah tulisan.hehe.. ^_^v
happy writing! :D

21 komentar:

  1. aaaaaakkkk~~~ tulisannya keren banget kak:)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih :)
      ini juga terinsipirasi dari orang2 ko,hehe..

      Hapus
  2. pernah denger quote gini: "sebuah peluru mampu menembus kepala seseorang. tapi sebuah tulisan, bisa menembus ribuan kepala orang"

    seperti itulah menulis :))

    BalasHapus
  3. Semua orang punya gaya nulis yang berbeda :) Karena berbeda tidak selalu punya makna 'buruk' :D Keep writing!

    BalasHapus
  4. "Menceritakan kesulitanmu untuk menulis", jadi keingat sama sebua quote yang berbunyi "jadikan kelemahanmu sebagai kelebihanmu". Nice.

    BalasHapus
  5. Menulis adalah Menulis, gue sendiri menulis apa yang ingin gue tulis, meskipun ntar ngga ada yang baca, hahaha, nice artikel mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,selama kontennya baik,tulis aja :D
      terimakasih :)

      Hapus
  6. menulis tak harus menyusun kata, menulis pesan lewat gambar bahkan jauh lebih bermakna,
    haha,saya juga mengalami kesulitan yang sama dalam menyampaikan kata-kata :D nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.
      kalo kesulitan gitu,biasanya km bikin "tulisan" dalam bentuk apa? :)

      Hapus
    2. lebih sering saya 'menulis' dengan gambar :)

      Hapus
  7. Cie yang post-nya nice, tetep percaya aja sama kemampuan menulisnya.. happy writing :D tetep semangat..

    btw, gimana rasanya banyak yg komen? haha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. happy writing jugaaa :D
      kaget kenapa tiba2 statistiknya naik drastis dan banyak yg komen,ternyata ini ulahmuuuu..haha!
      tulisanmu juga nice,menghibur :D

      Hapus
  8. saya ngerasa kok senasib ya... hahaahah...
    tapi bukannya ini tulisan juga sip banget..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya?Alhamdulillah kalo sip.hehe makasih :)

      Hapus
  9. Kamu bohong, itu buktinya bisa nulis :<
    Tapi keren loh post ini. Beneran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sebetulnya biasa nulis,tulisan ini memang didedikasikan untuk teman2 yg kesulitan menulis..hehe
      makasih untuk apresiasinya :)

      Hapus
  10. tulisanmu tidak sesuai dengan judulnya.. hehe.. bagi saya itu tulisan yang bagus.. terlihat jujur seakan yg menulisnya benar2 tidak bs menulis.. tenang, malah bagus kalau kamu memiliki versi atau gaya tulisan tersendiri, kembangkan dan asah, maka karakter tulisanmu akan menjadi ciri khasmu.. good posting..

    btw mampir ke blog saya juga ya, rainbowmaniswriting.blogspot.com :)

    BalasHapus
  11. kadang aku juga ngerasa gini kak, tapi bagus kok :))

    BalasHapus