Kamis, 26 April 2018

Ramadhan as a Reminder



Pengingat demi pengingat, manakah yang kemudian melekat?

___


Manusia itu pelupa, sering diingatkan, tapi sering juga lupanya. Hmm, jangan-jangan, hal inilah yang membuat kita sebagai manusia mendapat banyak sekali pengingat dari Allah dalam keseharian. 

Ada shalat 5 waktu sebagai pengingat harian, ada shalat Jum'at sebagai pengingat pekanan, dan yang sebentar lagi datang, ada Ramadhan sebagai pengingat tahunan. Pengingat-pengingat itu, tanpa kita sadari, adalah bentuk rezeki-Nya kepada kita.

Bila kita berhitung, berapa kali Allah mengingatkan kita? Ujian-ujian, kecenderungan hati pada kebaikan, kemampuan berpikir, rasa gelisah atas maksiat, nasihat yang tak sengaja kita dengar dari orang lain, ajakan-ajakan untuk menghadiri majelis, dan berbagai situasi dan kondisi yang mendewasakan keimanan kita. Dari semua pengingat itu, manakah yang berhasil melekat? 

Ramadhan adalah salah satu pengingat terbaik yang Allah berikan kepada kita, agar kita kembali mendekat kepada-Nya sehingga jiwa kita menjadi bersih dari hal-hal yang menodai kesuciannya. Akankah kita memanfaatkan Ramadhan sebagai momen terbaik atau sebaliknya?

Jika Allah saja begitu ingin menjaga jiwa kita dan sangat memfasilitasi kebutuhan jiwa hamba-Nya, bagaimana dengan kita? Sebesar apa kita peduli pada pemeliharaan jiwa kita? Selamat menantikan Ramadhan dan membersihkan jiwa kita untuk menuju-Nya.

____


#PersiapkanRamadhanmu Day 2

@novieocktavia dan @una_ha2


Design: @ayambisu

____
PS:tulisan ini harusnya diposting kemarin malam, tapi aku lupa hehe. Jadi hari ini harusnya udah H-19 ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar