Senin, 12 November 2018

Monday Love Letter #16 - Memberi Apapun Yang Bisa Diberi


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah yaa sekarang sudah musim hujan! Di Bandung terkadang sehari sampai 2 kali hujan. Jaga kesehatan ya, sister! Semoga harimu tetap produktif dan bahagia :D

Hujan tuh kadang bikin nostalgia. Siang tadi, saya teringat pada satu kejadian bersama ayah saya beberapa tahun yang lalu. Waktu itu kami sedang berada di rumah lalu tiba-tiba ada yang mengetuk pintu rumah mengantarkan sebuah kiriman untuk ayah saya. Ternyata itu dari teman ayah. Saya lupa barang (atau makanan?) apa yang waktu itu dikirim, tapi saya tidak pernah lupa pada apa yang dikatakan ayah saya ketika beliau menerima kiriman itu. "Duh, gimana balasnya ya?" gumamnya saat itu.

Sejak saat itu, membalas kebaikan orang lain adalah hal yang selalu berusaha saya lakukan ketika saya menerima sesuatu dari orang lain. Jika saya sedang tidak memiliki sesuatu yang bisa diberi, ada hal sederhana yang juga bisa menjadi sebuah hadiah bagi yang menerimanya, yaitu doa yang tulus. Ya, jika sedang tidak bisa membalas kebaikan orang lain, doakan saja!

Dengan selalu memberi, tanpa sadar kita sedang menanam kebermanfaatan diri yang mungkin saja dampaknya baru akan kita panen di kemudian hari. Seperti nasihat-nasihat orangtua kita yang baru kita mengerti maksudnya beberapa tahun kemudian. Atau tulisan-tulisan harian kita di internet yang diniatkan untuk berbagi, lama-kelamaan menjadi banyak dan menjadi buku. Banyak-banyaklah memberi. Tanam kebaikanmu dimanapun. Tebar kebaikan kepada siapapun. Karena bisa jadi, kebaikan yang kau tanam kemarin-kemarin itu sedang menyiapkan "buah"nya.

Seperti ucapan ayah saya tadi yang masih saya ingat hingga hari ini, yang akhirnya menjadi nasihat tersirat yang selalu saya contoh. Maka bukan tidak mungkin, ucapan-ucapan baik kita yang dulu-dulu masih diingat oleh orang lain. Nasihat baik kita yang bertahun-tahun lalu kita berikan kepada adik atau sahabat kita, mungkin masih mereka ingat dan mereka praktekkan. Tulisan-tulisan baik kita yang sudah lama ditulis yang bahkan kitapun sudah lupa kita pernah menulis itu, ternyata masih diingat oleh orang lain karena berhasil mengubah mindsetnya menjadi lebih baik. Bahkan barangkali, doa-doa yang pernah kita ucapkan untuk orang lain, masih menjadi harapan yang diperjuangkannya hingga hari ini.

Mungkin ada saat-saat dimana kita merasa apa yang kita lakukan tidak akan berdampak apa-apa. Atau merasa "useless", merasa tidak berguna dan tidak bisa menjadi sebaik orang lain dalam menebar manfaat. Tapi percayalah, kita selalu punya sesuatu untuk diberikan. Dan kita akan selalu mendapatkan hasil dari apa yang pernah kita berikan. Jika tidak sekarang, mungkin beberapa tahun lagi. Jika tidak di dunia, mungkin di akhirat.


"Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula)." 
- QS. Ar-Rahmaan : 60

Jadi siapa bilang kebaikan yang kita lakukan hari ini akan sia-sia? Pasti berbuah! Keep up the good work and continue doing your good deeds, sisters!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar