Selasa, 05 Mei 2020

Refleksi 28 Tahun

Ulangtahunku udah lewat beberapa hari lalu. Biasanya tiap ultah aku pasti nulis refleksi di diari. Tapi akhir-akhir ini lagi males nulis buku harian, jadi langsung nulis di blog sajalah.

Ulangtahunku tahun ini menarik. Nggak banyak orang yang ingat. Seperti biasa, satu-satunya orang yang nggak pernah lupa ngucapin adalah ambu, ibuku.

Ulangtaun paling flat pokoknya kemarin tuh karena minim ucapan banget. Tapi aku nggak masalah sama sekali sih. Karena makin kesini makin ngerasa nggak ada yang spesial dari ulangtaun. Justru itu aku jadiin momen aku dan diriku sendiri aja. Untuk evaluasi dan muhasabah diri. Nggak perlu perayaan-perayaan atau selamet-selametan.

Ulangtahun yang ke-28 ini, yang ada di pikiranku cuma 2;
Pertama, 28 tahun ini bukan waktu yang sebentar men untuk hidup di dunia. 28 tahun tuh cukup lama, apalagi bentar lagi mau 30. Udah banyak kesempatan waktu yang Allah kasih untuk aku hidup di dunia ini. Membuatku bertanya kepada diriku sendiri tentang satu pertanyaan besar: kamu udah ngapain, Na? Udah sebermanfaat apa di hidup yang udah 28 tahun ini?

Kedua, karena 28 adalah waktu yang cukup lama untuk hidup di dunia, aku jadi mikir, sisa waktuku berapa lagi ya? Sampe umur 30-ankah? 40 kah? 50? berapa? Nggak ketebak sama sekali. Bahkan bisa jadi sisa waktuku cuma beberapa bulan lagi, atau beberapa hari lagi? Who knows? Dan ini bikin aku jadi mulai berpikir tentang kematian.

Beberapa minggu lalu menjelang Ramadhan, ada seorang saudara yang meninggal. Dan aku ikut nganter ke makam dan melihat prosesi pemakamannya. Dari mulai parkir, terus menyusuri jalan sampai akhirnya nyampe ke depan liang lahat, saat itu tuh aku berasa kayak lagi simulasi kematian. Nih Na, kalau nanti meninggal, nanti kamu kayak gini.. Aku ngingetin diriku sendiri.

Terus pas mayatnya dimasukin ke kuburan kan dia diadzanin dulu ya. Disitu aku mikir, Ya Allah.. Hidup tuh singkat banget ya, cuma dari adzan ke adzan.. :"

***

Hari ini, rasanya udah nggak pantes buat ngurusin perkara dunia doang.

Hari ini.. saatnya lebih fokus menebarkan manfaat dan menebarkan cahaya untuk orang lain, biar dapet banyak amal jariyah pas udah masuk kubur nanti.

Hari ini.. saatnya lebih serius mengerjakan proyek-proyek untuk akhirat dan nggak itungan buat ngorbanin apa yang dipunya selama dipakenya untuk tabungan akhirat.

Hari ini.. saatnya lebih fokus untuk bekal mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar