Sabtu, 02 Mei 2020

Ngomelin Pasangan Tanpa Konflik

Kita kembali lagi ke tema married life, hehe. Bicara tentang pernikahan, komunikasi antar pasangan jadi sebuah tantangan sendiri sebenarnya. Kan kita nggak mau ya jadi orang yang tanpa sengaja menyakiti hati pasangan kita baik dengan perbuatan maupun dengan kata-kata.

Aku dan suami sebenarnya sama-sama tipe yang agak sulit mengungkapkan apa yang dirasakan. Aku lebih parah lagi, kalau lagi marah, bukannya ngomel-ngomel, yang ada aku nangis tanpa bisa menjelaskan apa-apa. Hahaha.

Aku juga tipenya adalah orang yang sangat menghindari konflik. Sebisa mungkin jangan sampe ada suara-suara dengan nada tinggi yang terdengar di rumah. Jadi sekesel apapun, aku tuh gak bisa marah-marah.

Tapi namanya manusia, makhluk emosi, ya marah dan kesel mah ada aja. Biasanya kalau ada tindakan atau ucapan suami yang bikin kesel, aku menahan emosi di saat itu. Pokonya diem aja dulu. Setelah tenang, aku bilang ke doi, "Aa tau nggak, tadi ada yang marah-marah tau ke aku. Sebel aku tadi tuuh.." Jadi cara menyampaikannya tuh aku nggak langsung "nyemprot" dia. Aku menyampaikan perasaanku secara tidak langsung dengan menceritakan hal yang sudah berlalu. Cara ini cukup berhasil, karena pertama, cara ini nggak bikin doi sakit hati atau merasa disemprot, dan kedua, tidak memancing konflik baru karena dikemas dengan bentuk cerita. Jadinya ngomel yang tersirat gitu.

Contoh lain, misalnya suami bilang mau buang sampah. Eeh taunya gak dilakuin juga sampe berjam-jam. Daripada ngomel "Aa katanya mau buang sampah?? Manaa??" yang beresiko ngebuat doi kesel karena ngerasa disuruh-suruh plus disalahin, aku lebih memilih bisikin doi terus bilang, "Aa tau nggak, tadi ada yang mau buang sampah tapi nggak jadi-jadi tau." Jatohnya jadi bercanda, padahal mah ya nyuruh-nyuruh juga wkwkwk.

Pokoknya hampir di semua hal deh, yang sifatnya menyuruh dan kesel-kesel aku sampeinnya dengan cara ini.
"Aa perasaan tadi ada yang bilang mau mandi deh, tapi sampe sekarang belum mandi juga.."
"Aa tau nggak, kemaren ada yang marah-marah seharian gara-gara kalah main game. Terus aku juga kena semprot ikut dimarah-marahin juga. Ngeselin banget emang tuh orang" lalu dia cerita "iyaa Aa tuh kesel banget kemariin soalnya blablabla.." dan berujung minta maaf.
"Aa tadi ada yang ngabisin cemilan aku dooong. Pas aku mau ngemil terus buka laci, taunya snacknya ga ada!" iya, sampe yang receh kayak gini juga aku nyampeinnya pake metode itu wkwkwk.

Daan hal ini juga ditiru sama suami buat nasehatin aku. Hahahaa..
"Neng, tau nggak? Tadi ada yang tidur kebluk banget, dibangunin nggak bangun-bangun," kalo aku kesiangan bangun. Lalu aku jawab, "ih iya yaampun parah banget emang, maapin ya Aa, haha.."
"Neng tadi teh asa ada yang mau ngambilin makan tapi kok makanannya nggak dateng-dateng yaa?" kalo aku kelupaan ngambilin makan. "Ih iya lupaaa" lalu aku buru-buru ngambilin makan.
"Neng, tau nggak. Kemaren ada yang kesel-kesel terus nangis.." kalo aku nangis karena badmood. "Ih iya tau, kemarin tuh aku kesel gara-gara......(lalu cerita)" dan aku minta maaf.

Ya begitulah, jadi seruu, yang ada malah ketawa-ketawa kitanya. Sesuatu yang bisa berujung konflik jadi bisa teredam dengan komunikasi macam begini. Win-win solution juga buat masing-masing pasangan karena tidak merasa dituduh dan tersudutkan, dan jadi punya kesempatan untuk menjelaskan kenapa tadi tuh dia marah, kenapa tadi tuh dia nangis, kenapa tadi pagi susah bangun, dll.

Mungkin bisa dicoba di keluarga anda? Walaupun saya juga tidak tahu apakah cara ini bisa berhasil di setiap pasangan atau tidak. Whehehe..

Yaa,, walaupun nggak semua hal bisa dikomunikasikan dengan cara begini. Kalo ngobrolnya agak serius ya serius.. Hohoho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar