Senin, 27 Agustus 2018

Monday Love Letter #6 - Find Your "Two Eases"


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.. Waah sudah bertemu hari Senin lagi, bagaimanakah harimu seminggu ke belakang? Semoga hari-harimu selalu dipenuhi dengan aktivitas yang positif dan bermanfaat yaa, sister :)

Seminggu ke belakang saya merasakan kepadatan aktivitas yang cukup hectic sebenarnya. Hampir setiap hari saya pulang ke rumah selepas isya dalam keadaan sangat lelah. Apalagi Bandung seminggu kemarin terasa panas sekali di siang harinya. Anehnya, saya merasa senang dalam lelah itu! Walaupun fisik saya lelah, tapi hati ini merasa lega, adem. Membuat saya mengimani dalam hati bahwa setiap lelah karena lillah tidak akan akan terasa lelahnya. Subhanallah ya :')

Suatu hari, ketika saya sedang mengendarai motor menuju ke suatu tempat, saya tiba-tiba teringat pada sebuah video yang beberapa minggu lalu saya tonton. Video berdurasi kurang dari 5 menit itu berbicara tentang 2:1 Ratio Life Hack. Wah, Apa tuh?? Ternyata life hack ini diambil dari surat al-Insyirah, bahwa dalam surat itu Allah mengulang 2 ayat yang isinya sama; "Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan" dan ayat ini diulang 2 kali secara beriringan. Ini berarti bahwa di setiap kesulitan kita, di saat yang sama Allah juga memberi 2 kemudahan. Jika kita yakin akan hal ini, tentu menghadapi masalah akan lebih tenang bukan? Bermodalkan keyakinan ini, setiap kali kita menghadapi suatu masalah, yakinlah bahwa Allah memberi kita kemudahan dalam urusan yang lain.

Pernahkah kamu mengalami hal semacam itu? Dihimpit oleh suatu masalah tapi ternyata Allah memberi jalan keluar dari arah yang tidak disangka-sangka. Atau ketika sedang ada banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu waktu, satu pekerjaan bermasalah, tapi pada pekerjaan lainnya Allah memberi kemudahan sehingga kita bisa menyelesaikan semuanya dengan usaha yang mungkin tidaklah seberapa.

Lihatlah betapa Allah begitu adil, Dia tidak akan membiarkan hamba-Nya dalam kesulitan tanpa jalan keluar. Bukankah seberat apapun beban yang kita pikul, selalu saja ada alasan untuk bisa bersyukur? Tinggal seberapa besar kepekaan kita untuk bisa menemukan dan mensyukuri "kemudahan" yang Allah berikan itu.

2:1 Ratio Life Hack itulah yang saya praktekkan selama ke-hectic-an seminggu kemarin. Ketika menghadapi keadaan yang genting, tidak lantas menjadi panik karena yakin bahwa Allah pasti memberikan kemudahan-kemudahan lain. Dan benar saja, selang beberapa waktu, situasi kembali aman terkendali.

Bagaimana denganmu? Pernah mengalami kesulitan dalam hidupmu? Atau justru sedang mengalaminya saat ini? It's okay, dear.. Kalau kata video yang saya tonton itu, "Find your two eases". Temukan 2 kemudahan dalam 1 kesulitan yang kamu hadapi, pasti ada! Bersyukurlah dengan yang 2 itu, bukan meratapi 1 kesulitan terus-menerus. Dengan mempraktekkan hal ini, insya Allah kita akan menjadi lebih mudah bersyukur dan merasakan kehadiran Allah.

Tenanglah, karena bersama Allah, semua akan baik-baik saja.


PS. 
Untukmu yang penasaran  isi videonya, silakan klik disini
Surat-surat dalam Monday Love Letter lainnya bisa diakses di http://tinyurl.com/mondayloveletter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar