Rabu, 10 Agustus 2011

edisi curhat ramadhan :P

hehe,, sebenernya ga biasa curhat di blog, atau fb, biasanya twitter yang jadi ajang buat curhat. btw, follow me @una_ha2 (eaaa,, promosi..)

ada alasan kenapa harus curhat disini, ada hal yang harus disampaikan, yang mungkin bisa jadi pelajaran bagi semua orang yang baca blog saya ini..

saya, sudah dari sebelum rajab telah menyiapkan diri sebelum menghadapi ramadhan. sudah bertekad tidak akan melewatkan ramadhan ini dengan sia-sia, seperti yang saya lakukan di ramadhan-ramadhan sebelumnya. belum jelas hal apa yang sebenarnya menjadikan kita berhasil di bulan ramadhan. ada yang bilang keberhasilan kita di bulan ramadhan dilihat dari perubahan pribadi kita di 11 bulan berikutnya, tentu untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. diri ini sudah seharusnya bertanya, "apa yang telah didapat dari ramadhan?"

kalau berkaca dari ramadhan tahun lalu, jujur, payah banget. makanya di ramadhan sekarang ga mau melakukan hal yang sama. ramadhan taun ini, ga mau tau, harus memiliki makna. harus memberikan karya yang terbaik. ga mau tau.

katanya, idul fitri itu hari kemenangan. kemenangan apa yang dimaksud? kadang orang juga ga ngerti. masih menilai idul fitri sebagai rutinitas yang dilakukan setelah kita berpuasa 30 hari di bulan ramadhan. tapi adakah yang didapat? adakah kita mengerti makna shaum kita, makna idul fitri?

10 hari pertama ramadhan katanya Allah menurunkan rahmat-Nya. apa bukti bahwa kita mendapatkan rahmat-Nya? sebenarnya rahmat seperti apa yang Allah maksudkan? harus bisa kita pastikan itu.

haha.. so many questions here.. tapi ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang butuh jawaban.. realistis. bukan hanya sekedar angan-angan bahwa kita ingin berhasil di ramadhan ini.. tapi ikhtiar juga dibutuhkan untuk menemukan sebenarnya kenapa Allah memberikan ramadhan sebagai bulan yang spesial, dimana orang-orang berbondong-bondong tarawih di masjid, tadarus rajin, sholat sunat rajin, rajin mengikuti kajian atau ta'lim,  tapi ternyata, ketika ramadhan lewat, seperti tidak berbekas. sayang sekali bukan? lalu apa artinya amal ibadah yang kita lakukan selama ramadhan?

hal inilah yang tidak boleh terjadi.

selama 10 hari pertama ini banyak pelajaran yang didapat. salah satunya jangan fokus pada masalah, tapi fokuslah pada solusi. sempet melongo karena ada suatu masalah. bingung, apa yang harus dilakukan? ketika kenyataan tidak sesuai yang diharapkan, dan penyelesaiannya ga bisa diselesaikan dengan main-main, reaksi pertama adalah: bingung. masalahnya, hal ini seperti baru saja menghancurkan planning2 yang sudah disusun, semua rencana yang sudah dibuat seperti dirubuhkan dalam sekejap.

kecewa, sempat. tapi semuanya saya kembalikan lagi pada Pemegang Takdir. percaya bahwa inilah takdir terbaik dari-Nya dan Dia sedang menyiapkan skenario yang lebih baik dari rencana yang telah kususun. yah.. manusia boleh berencana, tapi hasil tetap Allah yang menentukan. maka terima saja dengan ikhlas..
 
tapi ada hal yang bikin ga kalah kelabakan dari ini. setelah sempet melongo beberapa hari, dan ketika diri ini semangat lagi untuk menjalani aktivitas dan kewajiban yang ada, sakit menyerang tubuh saya. energi yang ada jadi tidak tersalurkan. planning2 yang telah dibuat juga jadi tertunda lagi.

udah 3 hari badan lemes dan ga pergi kemana-mana. tapi ya tetap disyukuri saja.. mungkin ada rencana yang Allah simpan untukku.. tapi sakit ini tetap tidak akan merubah tekadku untuk memburu rahmat, barokah, dan magfiroh dari-Nya.. seperti yang sudah saya katakan di awal, ramadhan ini ga boleh berlalu sia-sia.

semoga cepat disembuhkan, agar bisa beraktivitas lebih super dari hari-hari yang telah saya lalui sebelumnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar