Kamis, 10 Mei 2018

Hold Yourself


Pernahkah kita merenungkan mengapa ketika berpuasa kita dilarang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang mendasar seperti makan, minum dan biologis (bagi yang sudah menikah)? Tentu ada hikmah besar di dalamnya. Esensi mendasarnya adalah supaya kita belajar untuk menahan diri karena Allah tahu bahwa manusia memiliki sifat tidak pernah merasa puas. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali! 

Tapi, memangnya apa arti menahan diri? Menahan diri berarti menahan dan mengendalikan diri dari keinginan-keinginan yang kehadirannya adalah karena hawa nafsu. Luar biasanya, pelatihan terhadap hawa nafsu ini dilakukan dengan puasa; sebuah ibadah rahasia, dimana hanya kita dan Allah yang benar-benar mengetahuinya.

Satu hal yang penting untuk menjadi catatan adalah bahwa mengendalikan keinginan selama berpuasa bukan berarti memupuk keinginan hingga menggunung dan memuaskan seluruhnya dalam satu hitungan ketika waktu berbuka tiba. Hal yang sama perlu dilakukan juga atas keinginan kita dalam keseharian.

Puasa ibarat perisai untuk menahan keinginan kita yang begitu banyak. Saking banyaknya, seringkali kita banyak menuntut kepada Allah, merasa bahwa rencana kitalah yang paling baik. Padahal, siapa yang paling paham tentang apa yang paling kita butuhkan? 

Maka, di bulan pembinaan terbaik ini, yuk belajar untuk menahan diri dari berbagai keinginan. Keinginan tidak sama dengan kebutuhan, bukan? Yuk cerdas membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Semoga Allah mampukan.


___


#PersiapkanRamadhanmu - Day 8

@novieocktavia dan @una_ha2

Design: @ayambisu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar