Kamis, 10 Mei 2018

We Need Allah's Help


Pekan menggulung hari hingga tanpa terasa Ramadhan akan segera tiba dalam waktu yang tinggal sebentar lagi. Bagaimana persiapan kita? Sudahkah kita punya target Ramadhan? Sudahkah kita merencanakan amalan terbaik yang akan dipersembahkan kepada Allah? Sudahkah kita siap berjuang untuk meraih sebaik-baik gelar di hadapan Allah? Dan yang terakhir, sudahkah kita menerbangkan setiap rencana itu kepada Allah dan memohon agar Dia memampukan kita dalam menjalaninya? 

Berbekal pemahaman bahwa Ramadhan adalah bulan terbaik dengan sedikit atau banyak rasa takut bahwa ini akan menjadi Ramadhan terakhir dalam hidup, kita telah menargetkan banyak hal. Dari target harian, pekanan, sampai sebulan. Sadarkah ada satu hal yang terlupa? Ya, kita lupa meminta kepada-Nya agar memampukan kita dalam berupaya dan menjalaninya.

Benar bahwa Allah memerintahkan kita untuk beribadah dan berpuasa agar kita bertakwa, tapi nyatanya kita tidak bisa ibadah tanpa pertolongan-Nya. Tamatnya puasa tahun kemarin, memangnya siapa yang memampukan kalau bukan Dia? Shalat yang setiap hari kita lakukan, memangnya siapa yang melangkahkan kalau bukan Dia? Semua ibadah dan kebaikan-kebaikan yang kita lakukan, bisakah itu semua bisa terjadi tanpa kehendak-Nya? Tidak, sebab kita membutuhkan-Nya, serupa kita membutuhkan Ramadhan hadir mendidik jiwa kita. 

Maka, atas semua niat ibadah yang telah kita azzamkan, semoga kita senantiasa rendah hati untuk selalu meminta kepada Allah agar dimampukan untuk menjalankannya. Jangan sombong dan bergantung pada diri sebab merasa mampu. Tanpa-Nya, kita bukan (si)apa-(si)apa. Laa hawla wa laa quwwata illa billah.


___


#PersiapkanRamadhanmu - Day 7

@novieocktavia dan @una_ha2

Design: @ayambisu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar