Senin, 20 April 2020

Membangun (lagi) Harapan


*lupa diposting dong, harusnya 2 hari lalu*


"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran." -QS. 2:186

Di suatu sharing session bareng sahabat2 @hujansafirid yg saat itu sdg membahas ttg Ramadhan, salah satu dari kami berkata, "Ayat ini tuh (QS. 2:186) unik banget tau. Dari rangkaian ayat2 tentang Ramadhan QS. 2:183-187, ayat ini tiba2 muncul ditengah2 dan bicara ttg doa. Beda sendiri gitu."
ㅤㅤㅤ
Dipikir-pikir iya juga, dari yang awalnya bicara tentang perintah puasa, dilanjut dgn syariat puasa, bahas turunnya Al-Quran, bahas syariat lagi, terus tiba2 ada satu ayat ttg doa, dan ditutup bahas syariat lagi di ayat 187-nya.

Dan memang betul sih, satu dari keutamaan bulan Ramadhan adalah dikabulkannya doa-doa. Ramadhan menjadi waktu dimana Allah buka pintu langit selebar-lebarnya utk menampung doa-doa baik kita.
ㅤㅤㅤ
"Sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku." Sweet banget kalimat ini tuuh, lembut dan ramah bangeet :')
ㅤㅤㅤ
Aku jadi inget, pernah ada guru yang bilang, salah satu persiapan Ramadhan yang bisa kita lakukan adalah persiapan doa. Yuk siapin, sedang mengikhiarkan kebaikan dan butuh ditolong Allah untuk mewujudkannya? Langitkan doa-doa kita kepada-Nya!

Allah tidak akan menyia-nyiakan doa hamba-Nya. Selama ia hidup dlm taat sembari memelihara keimanan, Allah mampu kabulkan dengan segera atau dalam waktu yang sesuai dengan ketentuan-Nya yang Maha Bijaksana.

Barangkali selama ini kita sudah lupa bahwa Allah Maha Mendengar doa, atau mungkin sudah tak pernah sungguh2 berdoa karena tak cukup sabar menunggu semesta bekerja.

Kini saatnya membangun kembali puing2 harapan itu kepada Allah. Saatnya menaruh (lagi) kepercayaan kepada Dia yang menggenggam kehidupan kita.

Mendekatlah pada-Nya dengan doa-doa kita, merendahlah serendah-rendahnya dan menjadilah hamba dengan jiwa yang lebih tenang, sebab percaya penuh pada ketetapan dari Tuhannya.

___

H-5 #MenjemputRamadhan 1441 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar