Rabu, 08 April 2020

Siapkah kita, diangkat oleh Allah dari kehinaan kepada kemuliaan?


Suatu hari, Rasulullah SAW hendak berkhutbah. Sembari menaiki tangga mimbar, beliau berucap 'Aamiin' sebanyak 3 kali yg kemudian membuat para sahabat bertanya, 'Mengapa engkau 3 kali berkata 'Aamiin', Ya Rasulullah?'

Ternyata, malaikat Jibril mengatakan 3 hal kepada Rasulullah dan ketiganya Rasulullah aamiin-kan. Salah satu yg di-aamiin-kan oleh beliau SAW adalah "Celaka seseorang yang masuk bulan Ramadhan tetapi keluar dari bulan Ramadhan tidak diampuni dosanya oleh Allah."

Deg. Celaka katanya.

Pertama kali aku denger hadits itu, rasanya takut banget. Takut jadi bagian orang-orang yang celaka itu. Naudzubillah ya Allah :'(

Tapi terus mikir, emang bisa ya dosa-dosaku yg banyak itu Allah ampuni? Nah, itulah keistimewaan Ramadhan! Sepertinya, Ramadhan memang menjadi bulan yg Allah siapkan untuk mensucikan hamba-hambaNya.

Bayangkan, pintu-pintu neraka ditutup, pintu-pintu surga dibuka. Syetan-syetan dibelenggu. Allah hujani kita dengan barakah dan rahmatNya, Allah buka pintu taubat selebar-sebarnya, Allah buka akses hidayah seluas-luasnya, Allah turunkan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di sepuluh hari terakhir, Allah janjikan pembebaskan dari api neraka. Dan masih banyak lagi keistimewaan yg Allah suguhkan lewat Ramadhan.

Maasyaa Allah.. Kurang apalagi coba. Maha Penyayang Allah kepada kita, yang telah merancang bermiliar kebaikan kpd kita lewat bulan Ramadhan.

Jika Allah sudah seserius itu menyiapkan program utk pensucian hamba-hambaNya, bagaimana dengan kita? Siapkah kita disucikan olehNya? Siapkah hati kita dibasuh oleh cahaya kebenaran dariNya? Siapkah jiwa kita dipoles oleh hidayahNya sehingga kembali kepada kefitrahannya? Siapkah kita, diangkat oleh Allah dari kehinaan kepada kemuliaan?

Sungguh, ini bukan sekedar pertanyaan. Menjawab pertanyaan semacam ini perlu lebih dari sekedar jawaban lisan. Jika kita memimpikan diri yang kembali fitri, maka butuh kemauan, butuh kesiapan, butuh kesungguhan, butuh keseriusan kita dalam mempersiapkan dan menjalani Ramadhan. Dan tentunya, butuh pengorbanan yg tidak sedikit.

Menjawab siap, berarti siap untuk bersiap. Bersiaplah.

__

dari @una_ha2 dan @fikriarosyida
H-15 #MenjemputRamadhan 1441 H


Ps. Kisah diatas diriwayatkan oleh Bukhari, 3 perkataan Jibril yang di-aamiin-kan oleh Rasulullah SAW adalah: (1) Celaka seseorang yang masuk bulan Ramadhan tetapi keluar dari bulan Ramadhan tidak diampuni dosanya oleh Allah. (2) Celaka seseorang yang mendapatkan kedua orangtuanya atau salah seorang dari keduanya masih hidup, namun tidak membuatnya masuk surga. (3) Celaka seseorang yang jika disebut namamu (Rasulullah) namun tidak bershalawat kepadamu. Semoga kita bisa senantiasa menjaga diri dari hal-hal yang membuat kita terhina dihadapanNya. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar