Selasa, 14 April 2020

Surga Sebelum Surga


Ramadhan tahun ini, sangat berbeda bukan? Sepertinya takkan kita temui mereka yang berbondong-bondong penuhi masjid di malam pertama Ramadhan.

Masjid-masjid biasa penuh dengan kajian dan majelis ta’lim, berperan penting menjadi perantara hidayah bagi siapapun yan merindu Rabb-nya. Dinding-dindingnya menjadi saksi air mata mereka yang bertaubat. Tak hanya untuk sholat, tapi juga i’tikaf, shalawat, dzikir dan munajat pada-Nya. Kini, masjid-masjid terpaksa ditutup demi meredam pandemi.

Ramadhan dan lebaran yang sering menjadi ajang silaturahmi, kini membuat banyak manusia saling menahan rindu karena raga tak sanggup bertemu. Bagaimana perasaanmu menghadapi kenyataan ini?

Kita semua pasti sempat sedih. Tapi bukankah Allah tak mungkin memberi takdir yang buruk untuk kita? Kecewa hanyalah bagi mereka yang belum memahami hikmah dibaliknya.

Lihatlah, banyak para ayah yang kembali ke rumah, banyak para ibu yang bersyukur bisa fokus pada tugas utamanya menjadi madrasah bagi anak-anaknya. Banyak anak-anak yang lebih sering tersenyum karena bisa bermain lebih lama bersama orangtuanya. Banyak obrolan hati ke hati yang terjadi diantara anggota keluarga. Kenikmatan yang jarang sekali kita dapatkan, sebab terlalu banyak sibuk dengan kehidupan di luar rumah.

Majelis itu tak pernah jauh, sebab majelis terdekat kita adalah keluarga. Walau tanpa masjid dekat rumah, kita bisa ciptakan “masjid kecil” dalam keluarga kita; tempat kita menjalankan ibadah dan mengisi ruhiyah. Baitii jannatii, sebuah ungkapan indah yang mengandung pesan bahwa surga itu dimulai dari dalam rumah. Dengan harapan, satu keluarga bisa terus bersama hingga ke surga.

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…” kata Allah dalam QS. At-Tahrim (66) ayat 6. Seharusnya ini menjadi bahan renungan bagi kita, sudahkah setiap anggota keluarga saling menjaga agar terhindar dari murka-Nya?

Mungkin ini saatnya kita menghidupkan dzikir dari rumah-rumah kita. Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mempererat ikatan nasab yang ada, agar juga terikat oleh ikatan iman dan aqidah. Saatnya membangun surga di rumah, mewujudkan surga sebelum surga.

___

dari @una_ha2 dan @fikriarosyida
H-9 #MenjemputRamadhan 1441 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar